cover
Contact Name
I Gst. Putu Sudiarta
Contact Email
gussudiarta@undiksha.ac.id
Phone
+6281226621965
Journal Mail Official
gussudiarta@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana No 11, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
ISSN : 26157446     EISSN : 26157454     DOI : https://doi.org/10.23887/jppmi
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics education
Articles 117 Documents
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI GEOMETRI RUANG W. Ellissi; P.J. Intan
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i1.750

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan konsep mahasiswa di daerah pedalaman pada materi Geometri Ruang dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa semester 2 jurusan pendidikan matematika STKIP Pamane Talino yang berjumlah 18 orang mahasiswa. Data dikumpul menggunakan hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 12 mahasiswa mampu menggunakan dan memilih prosedur untuk menghitung luas permukaan gabungan bangun ruang; (2) terdapat 7 mahasiswa mampu menggunakan dan memilih prosedur untuk menghitung volume gabungan bangun ruang; (3) terdapat 4 mahasiswa mampu menggunakan konsep luas permukaan tabung dalam pemecahan masalah.
PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERSEPSI GURU T. Wirnoto; N. Ratnaningsih
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i1.760

Abstract

This research is a qualitative descriptive study that aims to explore information from the teacher's perception of the problems of developing students' creativity in learning mathematics. The subjects in this study were four mathematics teachers at MAN 2 Tasikmalaya. Collecting data using questionnaires, data analysis used is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the problems of developing students' creativity in learning mathematics, namely: 1) limited learning time, 2) different abilities of children, 3) students did not understand the prerequisite material, 4) limited hand phones and student quotas, 5) participants students do not have a personal source book that is used as a guide for independent study, 6) teachers find it difficult to check the answers to various divergent questions, 7) teachers still have difficulty making questions with nuances of problem solving and investigation, 8) students have difficulty in answering questions that nuances of problem solving and investigation, 9) students' reasoning and mathematical abilities, 10) teachers have difficulty in preparing trial and error learning, 11) there are still students who do not pay attention to learning, 12) students are still not active in asking and answering .
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA GOOGLE CLASSROOM P.D.P. Vahini; I.G.P. Sudiarta; Sariyasa
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i1.774

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif berbasis proyek berbantuan google classroom. Kemudian secara spesifik bertujuan untuk: 1. mendeskripsikan karakteristik video pembelajaran interaktif; 2. mengetahui validitas, kepraktisan, dan reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Setelah dilakukan uji pakar, diperoleh video pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji coba terbatas, diperoleh video pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori sangat praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya karakteristik pada video pembelajaran yang dikembangkan (interaktif, membantu mendiagnosis siswa, kontekstual, dan berfokus kepada HOTS), (2) video pembelajaran yang dikembangkan berkualitas sangat valid (skor 3,655), sangat praktis (skor 3,75 pada angket keterlaksanaan,skor 3,5 pada angket respon siswa, dan skor 3,75 pada angket respon guru) dan efektif (skor rata-rata 95%).
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MULTIMODAL PADA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII K.A. Saputra; I.G.P. Sudiarta; I.N. Suparta
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i1.775

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimodal pada google classroom untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar. Kemudian secara spesifik bertujuan untuk : 1. mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran; 2. mengetahui validitas, kepraktisan, dan Efektvitas; serta 3. mengetahui bagaimana media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Setelah dilakukan uji pakar, diperoleh media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji coba terbatas, diperoleh media pembelajaran termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan adalah praktis, siswa nampak antusias dan memberikan respon baik terhadap media pembelajaran multimodal, terjadi peningkatan skor kuis, adanya antusias siswa dalam pembelajaran, rata-rata skor kuis yang dibuat pada google form dalam proses belajar siswa pada kedua kelas mengalami peningkatan
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN P.Y. Antara; I.G.P. Sudiarta; G. Suweken
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 2 (2022): Oktober, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i2.776

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Pelangi Dharma Nusantara 2020/2021, melibatkan 15 subjek penelitian.Teknik pengumpulan data ialah tes, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis kesalahan menggunakan pendekatan Watson-Newman. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan dalam menyelesaiakan soal cerita pecahan yaitu siswa tidak mampu membedakan antara pecahan biasa, campuran, desimal. Kesalahan siswa diantaranya kesalahan memahami masalah : 95%, kesalahan penulisan jawaban akhir : 88%, data hilang : 33%, prosedur tidak tepat : 25%, kesalahan pemakaian pecahan :10 %, manipulasi tidak langsung : 7%, tidak menjawab soal : 2%. Faktor penyebabnya meliputi: tidak mampu menerjemahkan soal cerita pecahan dan membedakan jenis pecahan, tidak paham konsep operasi pecahan, dan tidak teliti menjawab soal. Solusinya ialah menguatkan pemahaman konsep siswa diantaranya pecahan biasa, campuran, desimal serta mengaitakan konsep-konsep relevan yang telah dipelajari oleh siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan konsep pecahan.
PEMBELAJARAN DARING DAN PROBLEMATIKANYA N. Kurniati
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i1.785

Abstract

Abstrak Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memaksa kegiatan pembelajaran disemua jenjang pendidikan termasuk Perguruan Tinggi dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan pada matakuliah aljabar abstrak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik survey. Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada responden melalui Googleform. Sumber data adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang berjumlah 29 orang. Hasil yang diperoleh adalah sebagian besar mahasiswa terkendala pada masalah sinyal, kendala lain adalah mahasiswa kurang mampu mengoperasikan perangkat/aplikasi yang digunakan, masih banyak mahasiswa yang kurang bahkan tidak memahami materi yang dipelajari walaupun kenyataannya mereka merasa tertarik bahkan sangat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta buku yang digunakan sudah dianggap baik.
TINJAUAN SISTEMATIS VIRTUAL REALITY UNTUK PENDIDIKAN P.S. Noviantari; I.G.P. Sudiarta
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 11 No 2 (2022): Oktober, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v11i2.789

Abstract

Viartual Reality telah berada di dunia lebih dari setengah abad. Viartual Reality digunakan dalam duani Pendidikan untuk dapat meningkatkan motivasi intriksik siswa, memeperluas jangkauan lingkungan belajar siswa, memberikan suasana baru dalam belajar. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang di maksud tentang Virtual Reality, dan apa yang diharapkan pendidik dengan menggunakan teknologi ini, dalam artikel ini telah melakukan tinjauan sistematis penggunaan realitas virtual dalam pendidikan. Analisis pertama menyelidiki aplikasi dan motivasi yang dilaporkan yang diberikan oleh pendidik dalam literatur akademik untuk mengembangkan sistem pendidikan realitas virtual, sedangkan yang kedua menyelidiki masalah yang ada pada penelitian sebelumnya. Kata Kunci : Virtual Reality, Pendidikan, Motivasi
PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA N.K. Juliani; I.G.P. Sudiarta; N.N. Nuadi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 12 No 1 (2023): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v12i1.933

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun e-modul interaktif yang dikembangkan peneliti dan merumuskan karakteristiknya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Rancang bangun e-modul terdiri atas tiga bagian. Bagian pembuka terdiri atas halaman sampul dan pendahuluan. Selanjutnya, kegiatan inti yaitu kegiatan belajar terdiri atas pengantar pembelajaran, memahami konsep dengan mencermati video pembelajaran, mensimulasikan konsep menggunakan geogebra, melakukan pemecahan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari, melakukan diskusi menggunakan media padlet, melakukan latihan soal menggunakan quizizz, dan merangkum materi pembelajaran. Pada kegiatan penutup terdiri atas rangkuman dan daftar pustaka. Setelah dilaksanakannya uji coba, diperoleh bahwa e-modul interaktif sangat valid dengan persentase 88%, sangat praktis dengan persentase 83%, dan efektiftivitas tinggi dengan rata-rata skor gain 0,72. Karakteristik e-modul interaktif yaitu e-modul dilengkapi dengan video pembelajaran interaktif, media pembelajaran geogebra sebagai simulasi dinamik, serta diskusi interaktif; bersifat portable sehingga mudah diakses; dan efektif untuk meningkatkan numerasi siswa.
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN ANALITIK-SINTETIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA G.A. Novianingsih; I.G.P. Suharta; I.W.P. Astawa
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 12 No 1 (2023): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v12i1.982

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis pendekatan analitik-sintetik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Denpasar tahun ajaran 2020/2021 yaitu kelas VIII-F sebagai kelas uji coba terbatas, kelas VIII-B sebagai kelas uji coba lapangan I dan kelas VIII-A sebagai kelas uji coba lapangan II. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur validitas modul, lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan modul, serta post-test kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan modul. Hasil penelitian adalah berupa modul berbasis pendekatan analitik-sintetik berkualitas sangat valid, praktis, dan efektif. Karakteristik modul siswa yaitu: (1) menekankan pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis matematika melalui aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada modul siswa, (2) memuat latihan soal berupa permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, (3) memuat kegiatan-kegiatan melengkapi kalimat, tabel dan latihan soal, (4) memberikan kesempatan untuk menuliskan dugaan jawaban dan kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI MIPA L. Piliani; Sariyasa; I M. Suarsana
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol 10 No 1 (2021): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppmi.v10i1.1023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tejakula yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tejakula pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data tentang hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata skor tes hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 71,72 dan pada kelas kontrol adalah 61,25. Selanjutnya skor tes hasil belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung=3.275939663 sedangkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel=1.998971498, sehingga H0 ditolak. Nilai statistik ini memiliki makna bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 12 | Total Record : 117