Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) validitas, (2) tingkat kepraktisan oleh guru, (3) dan tingkat dari keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji validasi, angket kepraktisan dan angket uji keterbacaan. Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validasi yaitu 2 orang ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan yang terdiri atas 5 orang guru IPA dan 10 orang peserta didik sebagai subjek uji keterbacaan. Tingkat validitas LKPD IPA memperoleh rata-rata skor 1,00 termasuk sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 3,68 termasuk kategori sangat praktis. Hasil keterbacaan memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil penilaian validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA model Problem Based Learning berorientasi nilai karakter maka LKPD IPA ini dapat dilanjutkan ke tahap uji keefektifan.
Copyrights © 2023