Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 13 No. 03 (2024): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Desember 2024)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTRONIK

Pratama, David Pratama (Unknown)
Rusimamto, Puput Wanarti (Unknown)
Kholis, Nur (Unknown)
Zuhrie, Muhamad Syariffuddien (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan yaitu dengan pemilihan sistem dalam penyampaian materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan materi pembelajaran berbasis Android yang sesuai untuk pengajaran mata pelajaran sistem kontrol elektronik dengan memasukkan tiga kualitas yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis karakteristik siswa, penetapan standar dan tujuan, pemilihan taktik, media, dan materi terbuka, penggunaan media dan materi, melibatkan siswa dalam pengembangan dirinya, serta penilaian dan perbaikan merupakan langkah-langkah dalam metode penelitian pengembangan ini. Modul pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,81 dengan kategori sangat valid, media pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,15 dengan kategori valid, dan evaluasi sikap siswa memperoleh skor rata-rata 3,87 dengan kategori sangat valid, sesuai pengembangan hasil. Nilai rata-rata pengetahuan siswa pada kelompok sangat valid adalah 3,87, dengan nilai rata-rata penilaian kemampuan siswa pada bidang tersebut adalah 3,61. Berdasarkan jawaban siswa, media pembelajaran tergolong praktis dengan skor rata-rata 3,4 pada bentuk respon. Karena rata-rata nilai sikap siswa melebihi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 89,2, maka keefektifan media pembelajaran dianggap efektif. Selain itu distribusinya dianggap normal berdasarkan uji normalitas terdistribusi untuk pengetahuan signifikansinya sebesar 0,1685, dan signifikansi uji one sample t-test sebesar 0,000 menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa lebih tinggi dari KKTP. Uji t satu sampel dan uji normalitas distribusi talenta sama-sama menghasilkan signifikansi sebesar 0,1685 yang menunjukkan bahwa distribusinya normal. Menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa lebih tinggi dari KKTP, dengan signifikansi 0,000. Temuan penelitian ini mendukung anggapan bahwa alat pembelajaran berbasis Android ini bisa diterapkan dan praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...