Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Dick Games dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan menggunakan time series design with control. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Hal ini didasarkan pada hasil tes awal (pretest) sebelum diterapkannya media pembelajaran Dick Games dan hasil tes akhir (posttest) setelah diterapkannya media pembelajaran Dick Games. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan Product Moment dengan perolehan hasil yakni pada rtabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,468, sedangkan rhitung (rxy) yang diperoleh sebesar 0,873. Sehingga, rhitung lebih besar daripada r tabel yakni 0,873 > 0,468. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Dick Games untuk meningkatkan Prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari” diterima.
Copyrights © 2023