Artikel ini bertujuan untuk memaparkan mengenai pemikiran Fazlur Rahman tentang pendidikan dan relevanasinya dengan Pendidikan islam kontemporer. Latar belakang artikel ini berdasarkan pada realitas kemerosotan moral di tengah-tengah modernitas. Maraknya kasus dikotomi antara pelajaran agama dan pelajaran umum ke peserta didik. Peneliti memakai pendekatan kualitatif yang berjenis studi pustaka. Data primer menggunakan buku dari Sutrisno yang berjudul "Fazlur Rahman, kajian terhadap metode epistemologi dan sistem pendidikan". Data sekundernya berupa jurnal dan buku yang relevan. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dengan teknik analis konten (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, memaparkan biografi Fazlur Rahman. Kedua, pemikiran pendidikan Fazlur Rahman yang menekankan sejumlah konsep ajaran Islam terkait dengan dunia pendidikan. Ketiga, Menurut Rahman, terdapat beberapa permasalahan dalam pendidikan yang perlu diperbaiki, yaitu: (1) ketidakselarasan tujuan pendidikan Islam dengan tujuan positif, (2) adanya dikotomi dalam sistem pendidikan Islam yang menyebabkan pembelajaran yang terfragmentasi, (3) rendahnya kualitas siswa, (4) kesulitan dalam menemukan pendidik berkualitas, profesional, dan memiliki pemikiran yang kreatif dan terintegrasi, serta (5) keterbatasan ketersediaan buku di perpustakaan.
Copyrights © 2024