Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2024)

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyarah Untuk Meningkatkan Maharat Kalam Peserta Didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor

Asriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pendampingan pembelajaran bahasa Arab sebagai upaya meningkatkan kualitas skill berbicara (al-Kalam) adalah sebuah keniscayaan bagi non-Arab. Orientasi pendampingan diarahkan untuk menambah kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab. Dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasi oleh peserta didik, penguasaan maharah al-Kalam secara aktif dan produktif ditekankan pada peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor, hal ini mempertimbangkan bahwa urgensi maharah al-Kalam saat ini menjadi nilai produktif sebagai salah satu langkah aktualisasi keilmuan berbahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor. Keterampilan berbicara (maharah al-Kalam) adalah suatu kemampuan untuk mengungkapkan kata-kata sebagai ekspresi dari pikiran, ide, pendapat dan keinginan terhadap lawan bicara kita. Dalam konteks pendampingan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-Kalam, tentunya membutuhkan metode tepat untuk menyelaraskan antara perencanaan dan indikator capaian yang diharapkan. Penggunaan metode al-Mubasyaroh dalam meningkatkan skill berbicara bahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an menjadi solusi metode yang ampuh untuk menghantarkan mereka mencapai sill berbicara bahasa Arab aktif. Metode al-Mubasyarah adalah metode langsung mempraktikkan bahasa Arab dalam proses pembelajaran, dimana guru (ustadz/ustadzah) menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dalam pembelajaran tanpa menggunakan bahasa lainnya dan ketika peserta didik SMP Cahaya Qur’an menemukan bahasa yang sulit dimengerti maknya-mengingat ketidakrataan kemampuan bahasa Arab mereka, guru (ustad/ustadzah) menjelaskan maksud bahasa tersebut menggunakan ekspresi, demonstrasi, gambar-gambar, dan lainnya, sehingga solusi ini memudahkan peserta didik SMP Cahaya Qur’an dalam memahami bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...