Penelitian ini mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional Mpa’a Ro Mpije suku Mbojo dan menghubungkannya dengan ajaran Islam. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan digunakan dengan memanfaatkan data primer dari buku M. Hilir Ismail dan Allan Malingi serta data sekunder dari literatur terkait. Analisis isi diterapkan untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam permainan, seperti Ae-aena, Puri-Puri Kalo, Mpa’a Dunggi, dan lain-lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa Mpa’a Ro Mpije suku Mbojo mengandung nilai-nilai Islam seperti keseimbangan, kerja keras, persatuan, dan kreativitas. Konsep keseimbangan tercermin dalam aktivitas fisik, sedangkan semangat kerja keras tercermin dalam partisipasi aktif anak-anak. Persatuan diwujudkan melalui kerjasama dalam permainan, dan kreativitas termanifestasi dalam simulasi kehidupan sehari-hari. Permainan tradisional ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai wahana pembelajaran nilai-nilai Islami dan pembentukan karakter anak-anak suku Mbojo. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana permainan tradisional dapat menjadi sarana efektif untuk mendidik dan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.
Copyrights © 2024