Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 3 (2024)

Analisis Pembelajaran Maharah Kalam dengan Pendekatan Kominikatif di MAN IC Lombok Timur

M. Tholibin Azhari (Unknown)
Satriawan (Unknown)
H. Salimul Jihad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan Di Man Ic Lombok Timur, peneliti melihat disana ada Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif.Adapun tujuan dari penerapan metode tahsin ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif Di Man Ic Lombok Timur . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan Di Man Ic Lombok Timur, peneliti memperoleh hasil penelitian tentang bagaimna Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif disana, diantaranya adalah mengecek kehadiran siswa, memastikan siswa memiliki buku paket masing-masing, mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya dalam berbicara bahasa Arab, menyimak bacaan peserta didik, menyimpulkan hasil Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif, dan mengakhiri dengan do’a . Berdasarakan hasil Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif tersebut peserta didik memiliki keterampilan berbicara bahasa Arab. Dan adapun yang menjadi faktor penghambat penerapan metode tahsin berdasarkan hasil penelitian adalah lingkungan dan bercampurnya bahasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...