Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2024)

Program Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Devi Yusnila Sinaga (Unknown)
Hasrian Rudi Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak program literasi Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus adalah metodologi penelitian yang digunakan, dan data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keahlian seorang guru dalam mengajar Al-Qur'an sangat penting, terutama dalam membantu siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dalam memperoleh literasi Al-Qur'an. Literasi Al-Qur'an terbukti meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an siswa. Siswa dapat mengembangkan pemahaman bacaannya, memperoleh pemahaman yang lebih baik, dan semakin mahir menghafal Al-Qur'an melalui program literasi Al-Qur'an. Program ini meningkatkan cita-cita spiritual dan kemampuan menghafal siswa selain membantu mereka memperoleh pemahaman menyeluruh terhadap Al-Qur'an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...