Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 2 (2024)

Persepsi Guru Akidah Akhlak Pada Keterampilan Abad 21 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember

Nurul Maidah (Unknown)
Nur Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menyoroti urgensi keterampilan abad 21 pada pembelajaran Akidah Akhlak, sebab keterampilan tersebut mencakup kompetensi yang sangat dibutuhkan pada zaman modern. Namun, realitanya masih banyak guru Akidah Akhlak yang belum menerapkan keterampilan abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengungkapkan fakta tentang persepsi guru Akidah Akhlak dalam memahami dan menerapkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi pada pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi persepsi guru terkait keterampilan abad 21 dalam konteks pembelajaran Akidah  Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember memahami  urgensi   keterampilan   abad   21, tetapi dalam penerapannya masih belum optimal. Temuan ini dihasilkan dari analisis data primer melalui wawancara dan data sekunder dari literatur tepercaya. Keterampilan abad 21 sangat penting diintegrasikan dalam pendidikan karena transformasi pendidikan merupakan kebutuhan mendesak untuk menghindari risiko tertinggalnya generasi mendatang dalam menghadapi tantangan global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...