Penelitian ini menyoroti urgensi keterampilan abad 21 pada pembelajaran Akidah Akhlak, sebab keterampilan tersebut mencakup kompetensi yang sangat dibutuhkan pada zaman modern. Namun, realitanya masih banyak guru Akidah Akhlak yang belum menerapkan keterampilan abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengungkapkan fakta tentang persepsi guru Akidah Akhlak dalam memahami dan menerapkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi pada pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi persepsi guru terkait keterampilan abad 21 dalam konteks pembelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember memahami urgensi keterampilan abad 21, tetapi dalam penerapannya masih belum optimal. Temuan ini dihasilkan dari analisis data primer melalui wawancara dan data sekunder dari literatur tepercaya. Keterampilan abad 21 sangat penting diintegrasikan dalam pendidikan karena transformasi pendidikan merupakan kebutuhan mendesak untuk menghindari risiko tertinggalnya generasi mendatang dalam menghadapi tantangan global.
Copyrights © 2024