Biolearning Journal
Vol 11 No 02 (2024): Biolearning Journal (Juli 2024)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THOWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA MUIHAMMADIYAH AIMAS KELAS XI MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

putri, faradilla anggita (Unknown)
Ulfa, Nurul Alia (Unknown)
Sutardi, Sutardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsiksn pengaruh metode pembelajaran Snowball Thowing terhadap minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Aimas kelas XI pada mata pelajaran sistem eksresi pada manusia. Pada penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan desain pre Eksperimental Design yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok eksperimen dan tidak memiliki kelompok control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu angket pernyataan minat belajar, lembar observasi peserta didik, RPP,dan dokumentasi. Data yang dinperoleh penelitian ini di uji kevaliditannya dengan nilaioleh validator Unimuda sorong. Hasil data yang di peroleh menggunakan hasil deskriptif statistik angket pre-test dan pos-test. Dari analisis data di peroleh uji normalitas hasil dari uji nomalitas terbukti normal karna hasil dari L hitung 0,940 dan L tabel 0,320. Apabila L hitung lebih besar dari L tabel maka data tersebut berdistribusi normal. Dan hasil uji hipotesis korelasi dengan hasil uji yang di peroleh dengan penentuan taraf signifikan 5% dan keputusan jika r hitung lebih besar dari r tabel, maka dpat di katakan tidak terdapat pengaruh, dengan hasil yang di peroleh dari hasil uji hipotesis korelasi ini adalah r tabel : 0,532 dan r hitung : 0,923 maka hasil uji hipotesis ini dapat di katakan terdapat pengaruh peningkatan minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Aimas dengan materi sistem ekskresi pada manusia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...