Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari faktor-faktor pendorong yang dapat mempengaruhi minat beli kendaraan listrik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Peneliti mengumpulkan data dengan literature review dan pembagian kuesioner. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah 93 masyarakat di Kota Bandung yang diambil dengan metode simple random sampling. Peneliti mengolah data yang didapatkan dari kuesioner dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa kepedulian terhadap lingkungan tidak dapat dibuktikan pengaruhnya terhadap minat beli kendaraan listrik dengan tingkat signifikansi 5%. Sedangkan penghematan BBM yang diharapkan dan insentif pajak dapat dibuktikan pengaruhnya terhadap minat beli kendaraan listrik dengan tingkat signifikansi 5%. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa ketiga faktor tersebut mempengaruhi minat beli kendaraan listrik secara simultan dengan tingkat signifikansi 5%. Diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca mengenai faktor pendorong minat beli kendaraan listrik dan mempertimbangkan tentang penggunaan kendaraan listrik.
Copyrights © 2024