Journal of Social And Economics Research
Vol 6 No 1 (2024): JSER, June 2024

ANALISIS SEMIOTIK DALAM KONTEKS EKONOMI PADA IKLAN AQUA 100% MURNI, 100% INDONESIA (2024) DI TELEVISI

Nyoga Fery Afriyanto (Unknown)
Amalia Rifda Oktavia (Unknown)
Cicik Dwi Cahyaningtyas (Unknown)
Lia Latul Munawaroh (Unknown)
Mochammad Taufiq Hidayat (Unknown)
Subastian Veron (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan AQUA versi "AQUA 100% Murni, 100% Indonesia" yang dirilis pada tahun 2024 menggunakan pendekatan semiotik. Dengan fokus pada simbol, pesan, dan makna dalam iklan, analisis semiotik Roland Barthes digunakan untuk mengidentifikasi makna denotatif dan konotatif dari tanda-tanda yang digunakan. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap iklan dan dianalisis secara mendalam. Hasil temuan menunjukkan bagaimana iklan tersebut memanfaatkan simbol-simbol seperti air, bendera Indonesia, dan bahasa Indonesia untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap produk lokal. Implikasi ekonomi dari iklan ini juga dibahas, termasuk dampaknya dalam mendorong konsumsi produk lokal, mengurangi ketergantungan pada produk impor, dan mendukung pertumbuhan industri domestik. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana iklan dapat memengaruhi persepsi konsumen dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...