Al-Gafari: Manajemen dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024): AGUSTUS

Implementasi Pendekatan Kelompok dalam Manajemen Kelas di MTs Negeri 1 Ogan Ilir

Susanti, Fitri (Unknown)
Ade Akhmad Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Pendekatan kelompok (Group Approach) merupakan pendekatan yang mengutamakan pengaturan dan pengoptimalan interaksi antar peserta didik dalam suatu kegiatan kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memotivasi dan menigkatkan minat belajar siswa bukan hanya dipelajaran Bahasa Inggris saja tetapi disetiap mata pelajaran. Metode yang dilakukan pada pengambilan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakn Teknik Miles dan Huberman yaitu reduction (reduksi data), display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Menerapkan pendekatan kelompok pada proses pembelajaran memang memiliki dampak positif dan negatifnya. Dampak positif yang diperoleh yaitu, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih berminat dan bersemangat belajar dengan teman satu mejanya. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, terkadang sebagian siswa menjadi sibuk sendiri dan justru bermain bersama teman satu mejanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gafari

Publisher

Subject

Other

Description

Al-Gafari:  Jurnal Manajemen dan Pendidikan (eISSN: 3021-8446), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. This journal was published by Lembaga Pendidikan Al - Gafari which was published three times a year, August, November, February, and Mei with a ...