Latar Belakang: Rumah sakit merupakan tempat yang memberikan bantuan atau jasa terkait layanan kesehatan yang dilihat berdasarkan visi misi dan tujuan yang sudah ditetapkan bersama. Kepuasan kerja memperlihatkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, yang dinyatakan dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang ditemuinya di lingkungan kerjanya. Mutu pelayanan keperawatan dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya tingkat profesionalisme dan keterampilan yang dimiliki oleh perawat.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan keperawatan. Metode Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif koleratif dengan kuantitatif di RSUD Moewardi Surakarta. Responden yang diteliti berjumlah 125 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis univariat dan bivariat (spearman). Hasil: Mayoritas perawat di rumah sakit melaporkan tingkat kepuasan kerja yang tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh survei 53%. Sebagian besar perawat termasuk dalam kategori baik kategori baik ditinjau dari mutu pelayanan keperawatan yaitu 92%. Dengan menggunakan Spearman, hasil analisis hubungan tingkat kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan keperawatan diperoleh p = 0,001 (<0,05) yang berarti Ha diterima, artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan perawatan. Saran: Perawat harus lebih memperhatikan aspek-aspek kepuasan kerja dan lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan agar lebih memadai. Kata kunci : Kepuasan Kerja, Mutu Pelayanan Keperawatan
Copyrights © 2024