Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi

Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Construct 2

Sholehah, Fitri Amalia (Unknown)
Windiarti, Ika Safitri (Unknown)
Qamaruzzaman, Muhammad Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Pengenalan dan pembiasaan Huruf Hijaiyah pada anak usia dini menjadi cara penting dalam kemampuan belajar Al-Qur’an. Permasalahan yang sering terjadi diantaranya anak sering tertukar melafalkan Huruf Hijaiyah terutama huruf yang sama bentuknya tetapi berbeda titiknya, sehingga akan membuat anak menjadi malas untuk mengaji, perkembangan teknologi juga berpengaruh kepada psikologi anak usia dini yang dapat menjadikan anak-anak jauh dari media pembalajaran berbentuk teks. Dari permasalahan tersebut, fokus penelitian ini adalah bagaimana membuat sebuah Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah. Game ini merupakan game yang berbasis mobile yang dibuat menggunakan Construct 2, dengan tujuan mampu memberikan pembelajaran pengenalan Huruf Hijaiyah pada anak usia dini. model waterfall adalah model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software.. Penelitian dilakukan di PAUD Islam HASANKA Palangka Raya yang menerapkan kurikulum Pendidikan Islam dan pengupayaan penerapan media teknologi. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi pengenalan Huruf Hijaiyah untuk anak usia dini dengan visialisasi audio dan gambar yang menarik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi (ISSN: 2655-7460 (online)) is a Scientific Journal managed by Department of Computer Science Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in November and May) by Institute for Researches and Community Services ...