Analisis sentimen atau disebut juga opini adalah proses pemahaman, penggalian, dan analisis data tekstual secara otomatis untuk mendapatkan informasi sentimen yang terkandung dalam sebuah kalimat opini terhadap suatu isu oleh seseorang, yang cenderung memiliki opini negatif atau positif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengklasifikasikan data mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan sekitar kampus Muhammadiyah Maluku Utara menjadi 2 kategori, positif dan negatif. Pada penelitian ini, teks yang kami gunakan berbahasa Indonesia yang memuat data responden dari kalangan umum dan mahasiswa. Adapun pengembangan website layanan masyarakat untuk menampung opini dari masyarakat dan mahasiswa yang menggunakan fitur speech recognition untuk mengubah ucapan menjadi tulisan secara langsung (real-time) dalam bahasa Indonesia dengan input microphone. Opini publik yang terdapat pada website layanan publik dapat dijadikan sebagai bahan analisis apakah masyarakat dan mahasiswa memiliki sikap negatif terhadap keberadaan kampus Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Data yang digunakan terdiri dari 300 data yang terbagi menjadi 2 yaitu 220 untuk data latih dan 80 data untuk data uji. Klasifikasi data sentimen menggunakan text mining dengan Naïve Bayes Classifier. Sebelum klasifikasi dilakukan beberapa langkah pengolahan kata, seperti: Case Folding, Cleaning, Stopword, Tokenizing dan Stemming. Hasil dari 80 data pengujian yang diklasifikasikan adalah 43 data sentimen positif dan 7 data negatif. Dapat diartikan bahwa 80 data uji yang terklasifikasi termasuk dalam kategori sentimen positif karena data negatif lebih kecil dari data dengan sentimen positif. Dapat diartikan bahwa data uji 80 termasuk dalam kategori sentimen karena data negatif lebih kecil dari sentimen positif. Akurasi pada algoritma Naïve Bayes Classifier memiliki nilai sebesar 62,5%.
Copyrights © 2023