Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 1 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH: TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH

Tahrim, Tasdin (Unknown)
Alimuddin (Unknown)
Sarmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Tata kelola administrasi pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan yang dilaksanakan dengan bekerja sama, untuk mengelola proses pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu, tata kelola administrasi pendidikan memberikan pengaruh terhadap peningkatan akreditasi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Keppe, Kec. Lorompong, Kab. Luwu, yang bertujuan untuk mengetahui tata kelola administrasi pendidikan, fungsi tata kelola administrasi pendidikan dalam pencapaian akreditasi unggul, dan untuk mengetauhi kendala yang dihadapi dalam tata kelola administrasi pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Keppe, Kec. Larompong, Kab. Luwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tata kelola administrasi di Madrasah Tsanawiyah Keppe Kec. Larompong, Kab. Luwu dilakukan dengan menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan administrasi sekolah, melaksanakan pengawasan terhadap administrasi sekolah, memberikan motivasi kepada tenaga administrasi sekolah, dan memberikan penghargaan kepada tenaga administrasi sekolah, tata kelola pendidikan dilakukan dengan proses yang berkesinambungan yang saling berhubungan antara satu dan yang lainnya, dan Kendala dalam pengelolaan administrasi dalam persiapan menuju akreditasi unggul yaitu: terkendala pada jaringan internet yang lambat dan labtop yang lambat loading akibat terinveksi virus. Adapun solusi untuk menangani hal tersebut yaitu menambah kapasitas wifi, dan juga selalu mengupdate labtop/ menginstal labtop tiap enam bulan sekali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...