Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol. 6 No. 1 (2024): Vol. 6 No. 1 Maret 2024

KEEFEKTIFAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA TIKTOK DI PERUSAHAAN GROUNDS STUDIO BANDUNG DALAM MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Lasya Aulia, Lasya Aulia (Unknown)
Kurnia Khafidhatur Rafiah, ST.,MM (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Grounds Studio melakukan pemasaran dengan menggunakan social media marketing TikTok yang dinilai kurang optimal dan tidak konsisten. Sedangkan produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan daya tarik yang cukup untuk menembus pasar intermnasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan social media marketing pada TikTok di perusahaan Grounds Studio Bandung dalam menembus pasar internasional. Analisis yang digunakan pada penelitian ini diantaranya, perancangan konten (design thinking), analisis konten, pengukuran keefektifan dengan menggunakan three layers of social media analysis dan analisis TOWS, dengan objek penelitian yaitu TikTok @grounds.studio. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa TikTok efektif dalam menembus pasar internasional. Tetapi, ditemukan bahwa konten yang dimiliki akun TikTok @grounds.studio masih kurang optimal dalam menembus pasar internasional yang diperoleh dengan pengukuran keefektifan menggunakan three layers of social media analysis yang terdiri atas media analysis, conversation analysis dan network analysis. Selain itu, analisis TOWS digunakan untuk memaksimalkan keefektifan dengan menggunakan beberapa strategi diantaranya, membuat peluang dalam mempercepat traffic dengan fitur TikTok ads, memproduksi konten video di TikTok secara rutin dengan memperlihatkan konten yang bermanfaat, edukatif, serta memberikan konten hiburan sehingga audiens tertarik dan penasaran terhadap produk Grounds Studio dalam menembus pasar internasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

businesspreneur

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi ...