Hasil belajar maupun capaian akademik siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor psikologis seperti disposisi matematis dan habits of mind. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN Kebonagung semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah minimal sampel dengan rumus Slovin diperoleh 72 responden. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket disposisi matematis, angket stres akademik, dan tes hasil belajar matematika berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan hasil yang menyatakan bahwa disposisi matematis dan stres akademik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Kebonagung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022