ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 AMBON

Papilaya, Green G. (Unknown)
Somelok, Grace (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot melalui model pembelajaran contekstual teaching and learning siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dari X MIPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan penugasan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran terdapat 2 siklus, yaitu proses pembelajaran siklus I belum maksimal dilihat dari ketuntasan belajar siswa yaitu 10 orang siswa tidak tuntas dan 10 orang laninya tuntas dengan prsesentase 50% berbeda dengan proses pembelajaran siklus II yang lebih efesien karena terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa lainnya dinayatakan tidak tuntas tuntas dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks anekdot siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3Ambon mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...