Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas (x) terhadap Kesadaran Beragama sebagai variabel terikat (y) peserta didik SMP Islam Al Hikmah Pesanggrahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah 31 sampel peserta didik dari 182 jumlah populasi peserta didik, yang diambil dengan teknik random sampling. Data tentang Pendidikan Agama Islam diperoleh dari hasil Ujian Akhir Semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sementara data tentang Kesadaran Beragama diperoleh dari angket yang berjumlah 26 butir valid dan nilai realibilitas 0,842. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa tidak terdapatnya pengaruh hasil belajar Pendidikan Agama Islam (variabel x) terhadap Kesadaran Beragama (variabel y) peserta didik SMP Islam Al Hikmah Pesanggrahan yang didasarkan oleh uji hasil Fhitung (0,3540) < Ftabel (3,90) dengan signifikansi (0,553) > 0,05 dan Thitung (0,595) < (1,97601) Ttabel. Selain itu, ditunjukan juga dengan koefisien determinan (R2) bahwa Pendidikan Agama Islam hanya memberikan sumbangan pengaruh sebesar 0,02 (2%) terhadap Kesadaran Beragama dan sisanya sebanyak 98% dipengaruhi faktor lainnya (selain Pendidikan Agama Islam).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023