Penerapan kurikulum di Indonesia saat ini menghadapi beberapa tantangan yang mempengaruhi efektivitas pendidikan. Transisi perpindahan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia merupakan sebuah perubahan besar yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan relevansi pendidikan agama bagi siswa. Proses ini melibatkan berbagai tantangan dan langkah-langkah adaptasi yang harus dilalui oleh guru, siswa dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar isi dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan implementasinya di SD Negeri Jati Padang 01, adapun obyek penelitian ini adalah kurikulum PAI dan implementasinya di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif  dengan pendekatan fenomenologi di mana peneliti hadir pada tempat penelitian dengan pengalaman obyektif partisipasi terhadap fenomena yang diangkat, informasi juga diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara, kemudian digambarkan dalam bentuk narasi tertulis sebagai temuan di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran-gambaran pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan Kurikulum di  SD Negeri Jati Padang 01 Jakarta sudah menerapkan kurikulum merdeka secara bertahap, adapun pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam sudah terlaksana dengan baik tidak hanya dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam sendiri, tetapi seluruh kegiatan keagamaan yang terdapat dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat terlaksana karena ada kolaborasi dengan seluruh guru kelas. Terdapat kendala dalam pelaksanaan yaitu karena keterbatasan sarana prasarana dan pembiayaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024