Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 11, No 1, April (2024)

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENUGASAN TERSTRUKTUR DI PLATFORM BLOG

Hafriani, Hafriani (Unknown)
Aulia, Mirza (Unknown)
Nazariah, Nazariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika, diantaranya kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan  pembelajaran dengan tugas terstruktur yang dikemas di dalam blog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui tugas terstruktur dengan berbantuan blog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods). Mixed methods adalah prosedur untuk mengumpulkan, analisis dan pencampuran yang melibatkan penggunaan dua metode, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif dalam studi tunggal (satu penelitian) untuk memahami masalah penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Aceh Barat dan sampelnya kelas X MIA-5  yang diambil dengan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan tugas terstruktur dengan berbantuan blog dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X-MIA 5 MAN 1 Aceh Barat pada materi sistem persamaan linear tiga variabel

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...