Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan hasil belajar kognitif fisika siswa SMP N 23 Pekanbaru kelas VII pada pelajaran suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk variabel motivasi belajar. Pengumpulan data untuk variabel hasil belajar kognitif dilakukan dengan memberikan tes objektif tertulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata/mean motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 23 Pekanbaru adalah 133,06 dan rata-rata/mean hasil belajar siswa kelas VII SMP N 23 Pekanbaru adalah 60,99. Dalam uji normalitas menunjukkan bahwa nilai uji normalitas motivasi belajar adalah 0,441 dan uji normalitas hasil belajar adalah 0,053. Dalam uji linearitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi linear sebesar 0,141 > 0,05. Hasil analisis korelasi diatas menunjukkan bahwa nilai korelasi person adalah 0,006 < 0,05, sehingga variabel motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif memiliki korelasi. Hasil analisis korelasi product moment dari Karl Person menunjukkan bahwa hubungan antar kedua variabel memiliki hubungan yang lemah.
Copyrights © 2023