Kualitas layanan publik tidak terlepas dari kualitas aparatur yang memberikan layanan. Keterbatasan sumberdaya manusia dalam memberikan layanan publik di tingkat desa sangat ditentukan oleh berbagai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemerintah Desa Condongcatur dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menjadi pamong untuk memberikan layanan public secara optimal. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif model Fenomonologi didukung oleh informan yang berkualitas mulai dari Lurah, Carik, Jogoboyo, Tatalaksana, Staf Kalurahan dan juga Pendamping Kalurahan. Selain informan yang berkualitas, peneliti juga menggunakan hasil observasi dan dokumentasi untuk mendukung analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Condongcatur dilakukan melalui 4 tahap utama. Pertama melalui rekrutmen yang transparan dan akuntabel, kedua melalui Bimbingan Teknis penguatan tugas dan fungsi, ketiga melalui studi lanjut dan keempat melalui pola koordinasi yang intensif.
Copyrights © 2024