LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Optimalisasi Model Pembelajaran Examples Non Examples Sebagai Upaya Peningkatan Menulis Teks Laporan Observasi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Karangpangung

Damayanti, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks laporan observasi melalui model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas IXI SMP Negeri Karangpanggung Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes (hasil observasi). Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 68,47 dengan ketuntasan klasikal 60,87%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 73,69 dengan ketuntasan klasikal 69,56%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 76,52 dengan ketuntasan klasikal 86,95%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 5,22 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 8,69%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 2,83 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 17,39%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 8,05 dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 26,08%. Berdasarkan hasil PTK dapat disimpulkan jika melalui model Examples Non Examples dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan observasi pada siswa kelas IX SMP Negeri Karangpanggung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...