Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas melalui model pembelajaran brainwriting siswa kelas VII SMP Negeri O Mangunharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 68,03 dengan ketuntasan klasikal 57,14%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 71,42 dengan ketuntasan klasikal 67,85%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 77,67 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 3,39 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 10,71%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 6,25 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 25%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 9,64 dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 35,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran brainwriting kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri O Mangunharjo dapat meningkat.
Copyrights © 2022