Pembelajaran bahasa Indonesia mengarahkan pada keterampilan berfikir kritis. Pada kemampuan menulis puisi di siswa kelas VIII SMP Negeri Bumi Makmur HTI siswa dituntut memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi, berimajinasi menuangkan ide dalam materi menulis puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran Meaningful Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri Bumi Makmur HTI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 69,10 dengan ketuntasan klasikal 57,14%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 73,21 Dengan ketuntasan klasikal 71,42%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 78,39 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 4,11 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 14,28%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 5,18 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 21,43%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 9,29 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 35,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Meaningful Learning kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri Bumi Makmur HTI dapat meningkat.
Copyrights © 2022