Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menelaah Struktur Fabel Melalui Model Pembelajaran SRT (Surch, Rewrate and Test) pada siswa kelas VII SMP Negeri 02 Seberang Musi. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 66,5 dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 71,75 Dengan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 75,75 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 5,25 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 15%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 4,6 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 25%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 9,25 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran SRT (Surch, Rewrate and Test) kemampuan menelaah struktur fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 02 Seberang Musi dapat meningkat.
Copyrights © 2022