Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 1 (2024): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEAM BERBANTUAN MEDIA AQUASCAPE DI SMA NEGERI 1 RINDI

Yusuf, Husen (Unknown)
Dwi Marhaeni, I Gst Agung Ayu Nova (Unknown)
Julia Artayani, Luh De (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEAM berbantuan media Aquascape terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rindi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kulaitatif dengan Desain Pre-experimental dan rancangan one shot case study dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rindi. Instrumen penelitian berupa lembar onservasi dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice. Metode analisis data dengan menggunkan analisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pretest hingga posttest dari kategori cukup (69,29) menjadi kategori sangat baik (85,17) dengan besar peningkatan 22, 05%. Efektivitas penerapan Project Based Learning berpendekatan STEAM dengan berbantuan media Aquascape berada dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score sebesar 0,51. Sehingga dapar disimpulkan bahwa pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEAM berbantuan media Aquascape dapat menigkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rindi pada materi Ekosistem.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...