Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 1 (2024): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PEMBELAJARAN BERDIFERENSI BERBASIS PBL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

., Sartiana (Unknown)
Sudiana, I Made (Unknown)
Dwi Marhaeni, I Gst Agung Ayu Nova (Unknown)
Suartana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Masalah yang terindentifikasi dalam kegiatan pembelajaran yaitu rendahnya keaktifan belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu mengatasi masalah rendahnya keatifan belajar siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian menggunakan metode observasi. Data hasil penelitian dianalis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PBL dan tidak menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi, keaktifan belajar peserta didik dalam kualifikasi sangat kurang dengan rerata skor 2,13. Keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi sangat aktif dengan rerata skor 3,93 setelah penerapan model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan Model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi telah secara nyata meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...