Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 3 No. 7 (2024): Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BIG DATA DALAM BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

Suhada, Suhada (Unknown)
Muhammad Irwan Padli Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Peningkatan penggunaan internet, media sosial, dan transaksi elektronik telah memunculkan ledakan data yang disebut Big Data. Pertumbuhan teknologi informasi dalam bisnis telah mendorong minat perusahaan untuk mengadopsi dan memanfaatkan Big Data guna mencapai tujuan bisnis mereka. Dalam konteks bisnis, Big Data menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan wawasan mendalam tentang perilaku dan preferensi pelanggan. Personalisasi layanan, peningkatan kualitas produk dan layanan, serta pengambilan keputusan yang lebih baik adalah beberapa manfaat utama yang ditawarkan Big Data dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk menyajikan gambaran komprehensif tentang peran Big Data dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, manfaat yang ditawarkannya, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi dan tantangan Big Data, diharapkan perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan mencapai keunggulan kompetitif dalam bisnis modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kohesi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Energy Engineering Other

Description

Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek adalah Jurnal ilmiah berisikan tentang multidisplin ilmu Sains dan Teknologi Industri diterbitkan oleh CV SWA Anugrah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Juli dan Desember). Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek bertujuan ...