Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran distribusi pemasaran hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di Bangliau Mara, untuk mengetahui besaran margin pemasaran yang diterima pada masing-masing lembaga pemasaran hasil tangkapan nelayan, untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran hasil tangkapan nelayan pada masing-masing lembaga pemasaran di Bangliau Mara. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan melakukan observasi secara langsung ke objek penelitian dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, penentuan responden menggunakan metode sensus dan snowball yang berjumlah 63 orang. Hasil penelitian menunjukkan Total margin pemasaran tertinggi pada kegiatan distribusi pemasaran hasil tangkapan nelayan di Bangliau “Mara” di saluran agen Pekanbaru terjadi pada jenis udang secara keseluruhan sebesar Rp. 30.000; saluran agen Kandis juga terjadi pada jenis udang secara keseluruhan sebesar Rp. 26.000; saluran agen Duri terjadi pada udang, ikan Tenggiri, ikan Senangin, dan ikan gulama secara keseluruhan masing masing jenis udang dan ikan sebesar Rp. 24.000; sedangkan saluran agen Dumai terjadi pada hasil tangkapan berupa udang, secara keseluruhan margin pemasarannya sebesar Rp. 25.000.- saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran (I), menggunakan konsep biaya pemasaran yang dilakukan saluran pemasaran (I), menggunakan konsep biaya pemasaran yang dilakukan dengan biaya terendah untuk daerah Kandis pada komoditas ikan Tenggiri yaitu 4,6% dan Udang 4,8%. Daerah Duri pada komoditas Ikan Tenggiri 4,5% dan Udang 4,7%. Pada daerah Dumai untuk komoditas ikan Tenggiri 4,3% dan Udang 4,1%.
Copyrights © 2023