Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN BINGO HURUF AWAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SPS PAUD KAMBOJA MENTENG JAKARTA PUSAT

Rahayu, Endang Sri (Unknown)
Soekmono, Roostrianawahti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Tahap awal proses membaca  pada anak usia dini  dimulai dengan memperkenalkan huruf, suara, dan kata-kata yang sederhana. Kemampuan mengenal huruf kecil  pada peserta didik usia 4-6 tahun di SPS PAUD Kamboja Menteng Jakarta Pusat masih rendah berdasarkan observasi awal.  Oleh karena itu peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model John Eliot untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan bingo huruf awal. Penelitian direncanakan satu siklus dengan 8 langkah. Subyek penelitian sebanyak 15 anak usia 4 s.d. 6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas pada siklus I yang terdiri 8 langkah untuk meningkatkan Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-6 tahun melalui permainan bingo huruf awal di SPS PAUD Kamboja Menteng terjadi peningkatan sebesar 54%. Pada pra Tindakan kemampuan  mengenal huruf sebesar 42% kemudian setelah dilakukan Tindakan pada siklus I meningkat menjadi 96%. Sehingga sudah melampaui kriteria keberhasilan sebesar 80% dan tidak perlu dilakukan Tindakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa permainan bingo huruf awal dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4 s.d. 6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...