PT Kresna Reksa Finance merupakan salah satu perusahaan penyelenggaraan usaha pembiayaan multiguna yang mana pada saat ini penjualan mengalami penurunan. Maka dari itu perusahaan memerlukan strategi dalam melakukan promosi agar bisa meningkatkan penjualan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan nasabah PT Kresna Reksa Finance berdasarkan domisilinya. Dalam penelitian ini digunakan algoritma k-means untuk mengklasterkan data nasabah lunas berdasarkan kecamatan. Data dikelompokan menjadi 3 cluster yang terdiri dari nasabah lunas yang berada pada kecamatan Anggana, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Sungai Pinang, Samarinda Utara, Sambutan merupakan kelompok cluster 1, nasabah lunas pada kecamatan Samarinda Seberang, Palaran, Sanga-Sanga, Sungai Kunjang, Loa Janan Ilir, Loa Janan merupakan kelompok cluster 2, dan nasabah lunas pada kecamatan Loa Kulu merupakan kelompok cluster 3. Data yang digunakan adalah data nasabah lunas pada tahun 2021 sebanyak 1.278 data. Diperoleh bahwa cluster 2 memiliki jumlah terbanyak dengan 768 nasabah yang terdapat pada 6 kecamatan sehingga 6 daerah kecamatan dapat menjadi wilayah prioritas untuk divisi marketing melakukan promosi.
Copyrights © 2024