Rayah Al Islam : Jurnal Ilmu Islam
Vol 7 No 3 (2023): Rayah Al Islam Desember 2023

Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Dalam Islam Terhadap Perilaku Impulsive Buying di E-Commerce Pada Generasi Muslim Milenial di Samarinda

Istiqomah, Nur (Unknown)
saminah (Unknown)
Mursyid (Unknown)
Vincy, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan bisnis online khususnya pada e-commerce. Semakin meningkatnya kemudahan teknologi dan strategi pemasaran yaitu promosi, harga dan kualitas produk dalam Islam yang baik akan membuat para konsumen melakukan pembelian impulsif (impulsive buying) yaitu pembelian tidak terduga di e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi, harga dan kualitas produk dalam islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying di e-commerce pada generasi muslim milenial di Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dari konsumen pengguna aktif e-commerce muslim milenial yang berdomsili di Samarinda dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling & teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian variabel promosi (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying di e-commerce pada generasi muslim milenial di Samarinda dengan nilai signifikan 0,003 lebih kecil dari 0,1, variabel harga (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying di e-commerce pada generasi muslim milenial di Samarinda dengan nilai signifikan 0,510 lebih besar dari 0,1 dan variabel kualitas produk dalam Islam (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying di e-commerce pada generasi muslim milenial di Samarinda dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,1. Dalam uji F nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,1 atau dapat dikatakan promosi, harga dan kualitas produk dalam Islam secara simultan berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying di e-commerce pada generasi muslim milenial di Samarinda. This research is motivated by the development of online business, especially in e-commerce. The easier technology and marketing promotion strategies, good prices, and product quality in Islam will make consumers make impulse purchases (unexpected purchases in e-commerce). The purpose of this study is to determine whether promotion, price and product quality in Islam have a significant effect on impulsive buying behavior in e-commerce in the millennial Muslim generation in Samarinda. This study is a quantitative study with a sample of 100 people from active Muslim millennial e-commerce users who live in Samarinda with non-probability sampling and incidental sampling techniques. The data collection technique used in this research is a questionnaire. Multiple linear regression analysis is a data analysis technique. Based on the results of the research, the promotion variable (X1) has a significant effect on impulsive buying behavior in e-commerce in the millennial Muslim generation in Samarinda with a significant value of 0.003 less than 0.1, the price variable (X2) has no significant effect on impulsive buying behavior in e-commerce. The product quality variable in Islam (X3) has a significant effect on impulsive buying behavior in e-commerce in the millennial Muslim generation in Samarinda with a significant value of 0.0000 less than 0.1. In the F test, a significant value of 0.000 is smaller than 0.1 or it can be said that promotion, price and product quality in Islam simultaneously affect impulsive buying behavior in e-commerce in the millennial Muslim generation in Samarinda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rais

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Rayah Al-Islam (p-ISSN: 2503-3816, e-ISSN: 2686-2018) is a Journal of Islamic studies published twice a year, this scientific publication is managed by the Institute for Research and Community Service (LP2M) Ar-Raayah Arabic Language College (STIBA) Sukabumi. This journal focuses on the study of ...