SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia
Vol. 6 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

CHALLENGES FOR LEARNING CHEMICAL BONDING MATERIALS BASED ON THE CONCEPT OF ELECTROSTATIC INTERACTION AND THE OCTET RULE: TANTANGAN PEMBELAJARAN MATERI IKATAN KIMIA BERDASARKAN KONSEP INTERAKSI ELEKTROSTATIK DAN ATURAN OKTET

Putri, Nadilla Septiani (Unknown)
Wasih, Defi Anjar (Unknown)
Sabekti, Ardi Widhia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam materi ikatan kimia berdasarkan konsep interaksi elektrostatik dan aturan oktet. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pada pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah dianalisis menggunakan analisis isi induktif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor menjadi penyebab tantangan dan kesulitan belajar bagi siswa pada materi ikatan kimia. Yaitu faktor internal, faktor eksternal dan pemahaman siswa. Faktor internal yang menjadi tantangan siswa dalam pembelajaran materi ikatan kimia yaitu minat siswa itu sendiri. Hasil wawancara menunjukkan masih kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran materi ikatan kimia. Faktor eksternal berupa metode pengajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran materi ikatan kimia yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi informasi dan menggunakan alat peraga untuk menunjang pemahaman siswa. Ketersediaan sarana dan prasarana juga mejadi faktor penunjang dalam proses pembelajaran kimia. Hasil wawancara menunjukkan fasilitas yang digunakan masih kurang memadai sehingga pada pembelajaran kimia tidak pernah dilakukan eksperimen. Faktor terakhir yaitu pemahaman siswa. Hasil wawancara menunjukkan masih kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ikatan kimia, kesalahan dalam pemahaman akan menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Hasil wawancara guru menunjukkan masih adanya miskonsepsi pemahaman siswa terhadap materi ikatan kimia. Analisis data menunjukkan bahwa pemahaman mengenai prinsip aturan oktet dan interaksi elektrostatik masih tergolong rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spin

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

SPIN adalah jurnal berkala yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Tadris Kimia FTK UIN Mataram. Jurnal ini berisi artikel yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analitis kritis kepustakaan khususnya di bidang kimia dan pendidikan kimia. SPIN: ...