Penelitian ini dilakukan karena adanya kelemahan dalam keterampilan berbicara Bahasa Arab di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo, meskipun nilai kognitif peserta didik cukup baik. Kurangnya latihan berbicara dalam bahasa Arab menyebabkan kurangnya kepercayaan diri peserta didik saat berbicara. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan metode role playing guna meningkatkan keterampilan berbicara mereka dalam materi Al-Mihnah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menilai keterampilan muhadatsah materi Al-Mihnah di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo sebelum dan setelah penerapan metode role playing. 2) Menilai efektivitas metode role playing dalam meningkatkan kemampuan muhadatsah materi Al-Mihnah di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment nonequivalent control group, di mana metode role playing diberikan pada kelas eksperimen (IV B), sementara kelas kontrol (IV A) menerima pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes lisan, dengan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan, untuk menilai peningkatan keterampilan muhadatsah peserta didik. Analisis data melibatkan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 81.04 dan kelas kontrol adalah 79,96 sementara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 87.30 dan kelas kontrol adalah 81.48. Uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima, mengindikasikan adanya peningkatan signifikan pada skor nilai kelas eksperimen yang menggunakan metode role playing dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Arab, materi Al-Mihnah, kelas IV A dan IV B MINU Tropodo Waru Sidoarjo.
Copyrights © 2024