Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SDN Kuken

Abadi, M. Jodi Faerus (Unknown)
Zain, Moh Irawan (Unknown)
Turmuzi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan memiliki kekayaan ide, diantaranya tidak membutuhkan pembuktian, hal tersebut yang menimbulkan konsep-konsep baru dalam matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas V SDN Kuken. Penelitian ini menggunakan Metode  penelitian kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe one group pre-test post-test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kuken. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes komunikasi matematis tertulis. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes komunikasi matematis tertulis dalam bentuk uraian sebanyak 5 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan paired sampel t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh di uji terlebih dahulu dengan uji normalitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh (Sig) 0,00000001 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  diterima dan  ditolak, dikarenakan nilai (Sig) dari uji t lebih kecil dari 0,05 atau bisa disebut 0,00000001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komnikasi matematis tertulis antara sebelum dan setelah mendpat perlakuan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa Kelas V SDN Kuken.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...