Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Digital

Jianingsih, Paratania (Unknown)
Fatimah, Putri (Unknown)
Ismi Sabarunisa, Nur (Unknown)
Nashiruddin Zaini, Ari (Unknown)
Sari, Nursina (Unknown)
Sani, Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Pemahaman peserta didik kelas IV SDN 1 Banyumulek pada materi kalimat efektif dan kalimat tidak efektif yang masih kesulitan. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik masih rendah dengan rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media digital terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan berdasarkan desain model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Tempat penelitian di SDN 1 Banyumulek dengan sampel sebanyak 29 peserta didik.  Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil N gain memperoleh skor sebesar 0.28 dalam kategori rendah. Sedangkan pada siklus II hasil N gain memperoleh skor sebesar 0.78 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, indikator yang telah terpenuhi dengan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik materi kalimat efektif dan kalimat tidak efektif maka model PBL berbasis media digital efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...