Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Aksebilitas dan Sikap Sosial Lingkungan Akademis Mendukung Kegiatan Belajar Mahasiswa Disabilitas

Lestari, Diana Puji (Unknown)
Pribadi, Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji aksesbilitas dan sikap sosial yang positif pada lingkungan akademis dapat mendukung penyandang disabilitas dalam melakukan kegiatan belajar di tingkat perguruan tinggi. Pendidikan merupakan hak seluruh masyarakat, selayaknya perguruan tinggi berbasis inkulusi dapat menyediakan aksebilitas penyandang disabilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Aksebilitas diberikan dengan menyediakan jalur khusus ramah disabilitas. Sikap sosial lingkungan akademis yang positif juga menjadi pendukung untuk penyandang disabilitas dapat menyelesaikan pendidikanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penyediaan aksebilitas dan sikap sosial lingkungan akademis dapat membantu penyandang disabilitas dalam menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Analisis data diperoleh dari pengumpulan data berupa penyusunan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif dengan pendekatan teori keadilan komutatif Aristoteres. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa penyendang disabilitas dari Universitas Negeri Surabaya merasa terbantu dengan adanya fasilitas aksibel yang menyediakan sarana prasara pembelajaran untuk memudahkan kegiatan belajar. Dukungan sosial dalam lingkungan akademis menambah semangat untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan studi pendidikan tinggi dengan baik.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...