Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Feature E Learning dan Ketertarikan User Terhadap Peningkatan Penguasaan Teknologi Pembelajaran Pasca Pandemic Covid 19

Muliadi, Muliadi (Unknown)
Elmunsyah, Hakkun (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Pasca pandemic media pembelajaran digital sangat banyak dan bervariasi. Pandemi Covid-19 memaksa sekolah mengubah model pembelajaran luring menjadi daring. Platform digunakan adalah Google Form, Kahoot, Google Classroom, Microsoft Teams, Learning Management System, Quiz, Open Study, Lectora, MIT App Inventor, Unity, ISpring. Hipotesis diajukan adalah Feature E-Learning dan Ketertarikan user dalam meningkatkan penguasaan teknologi. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dari jenis penelitian Expost Facto yaitu penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Data  diperoleh dengan survey secara online dengan mengirimkan instrument google form kepada responden yaitu guru, siswa smk, sma sebanyak 100 orang tetapi data yang dikembaikan sebanyak 48 orang. Hasil penelitian ini bahwa ketertarikan user terhadap penggunaan Platform E Learning dipegaruhi secara parsial oleh system teknis dan kemudahan pengoperasiannya yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yang sesuai dibawah 0,05 yaitu 0,001 dan 0,008 dan ketertarikan responden sebesar 40,8% setuju dengan Feature E Learning yang menarik setuju sebesar 32,7 % Feature tersebut membantu memenuhi kebutuhan pmbelajaran yang dibutuhkan. Feature E Learning dan ketertarikan user berpengaruh secara simultan terhadap pengusaan tenologi user yang dibuktikan dengan nilai siginfikansi yang sesuai dibawah 0,05 yaitu 0,001 dengan besar pengaruh 63,8%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...