Monitoring dan evaluasi adalah proses memantau dan menilai keberhasilan dan kemajuan pendidikan, utamanya dalam meningkatkan kinerja guru. Ini dapat membantu pendidikan berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Praya Tengah, serta untuk mengetahui hambatan apa yang dihadapi dalam melakukannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kepala Sekolah merupakan subjek utama dalam penelitian ini, ditambah dengan wabidang kurikulum serta empat orang guru pembelajaran. Observasi, dan wawancara adalah teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini.  Hasil penelitian memperlihatkan proses pelaksanaan evaluasi kinerja guru dan monitoring berjalan secara efektif serta efisien dengan menggunakan berbagai pendekatan pelaksanaan, membandingkan hasil, dan menilai program untuk mengetahui seberapa baik program berjalan, mengurangi efek negatif pelaksanaannya, dan meningkatkan kinerja guru. Salah satu masalah yang dihadapi dalam proses implementasi program sebagai kepala sekolah dalam melakukan monitoring dan evaluasi adalah bahwa tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk melakukannya serta tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk melakukannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024