Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pada Penilaian Kinerja Guru

Aulia, Nurul (Unknown)
Aini, Nurul (Unknown)
Firdaus, Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Monitoring dan evaluasi adalah proses memantau dan menilai keberhasilan dan kemajuan pendidikan, utamanya dalam meningkatkan kinerja guru. Ini dapat membantu pendidikan berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Praya Tengah, serta untuk mengetahui hambatan apa yang dihadapi dalam melakukannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kepala Sekolah merupakan subjek utama dalam penelitian ini, ditambah dengan wabidang kurikulum serta empat orang guru pembelajaran. Observasi, dan wawancara adalah teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini.  Hasil penelitian memperlihatkan proses pelaksanaan evaluasi kinerja guru dan monitoring berjalan secara efektif serta efisien dengan menggunakan berbagai pendekatan pelaksanaan, membandingkan hasil, dan menilai program untuk mengetahui seberapa baik program berjalan, mengurangi efek negatif pelaksanaannya, dan meningkatkan kinerja guru. Salah satu masalah yang dihadapi dalam proses implementasi program sebagai kepala sekolah dalam melakukan monitoring dan evaluasi adalah bahwa tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk melakukannya serta tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk melakukannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...