Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Jurisprudential Inquiry Berbantuan Media Pembelajaran Mading Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar

Hasyda, Suryadin (Unknown)
Suastika, I Nengah (Unknown)
Sanjaya, Dewa Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model jurisprudential inquiry berbantuan media pembelajaran mading pancasila terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posstest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kupang, dengan sampel kelas IVA 30 siswa dan kelas IVB 30 siswa. Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas ekesperimen dengan mengggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial untuk mengetahui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian posttest diperoleh nilai uji-tpada taraf 0,05 dengan df 58 dengan taraf signifikan yaitu 0,827>0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 di tolak H1 di terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada “ Pengaruh model jurisprudential inquiry berbantuan media pembelajaran mading pancasila Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Tahun Ajaran 2023/2024”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...