Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Dampak Pembelajaran Argument Driven Inquiry Berbantuan Lembar Penugasan Terstruktur Terhadap Peningkatan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik

Fadillah, Azzahra Raihana (Unknown)
Suyono, Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Keterampilan argumentasi merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model argument driven inquiry berbantuan lembar penugasan terstruktur dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelas, yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik diuji menggunaka uji-t pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan argumentasi pada peserta didik di kelas eksperimen yang sebelum pembelajaran mendapat rata-rata nilai keterampilan argumentasi paling tinggi 80 kemudian mengalami peningkatan setelah pembelajaran dengan rata-rata nilai keterampilan argumentasi lebih tinggi dari 80. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pihak kanan yang menunjukkan bahwa nilai p-value pretest kelas eksperimen sebesar 1,000 yang menunjukkan H0 diterima dengan hipotesis u < 80 dan nilai p-value posttest kelas eksperimen sebesar 0,013 yang menunjukkan H1 diterima dengan hipotesis u > 80. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model argument driven inquiry berbantuan lembar penugasan terstruktur dapat meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...