Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karir Guru-Guru Muda di SDN 28 Cakranegara

Dewi, Mega Purnami (Unknown)
Riani S, Ni Wayan Lila (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Pengembangan karir merupakan rangkaian proses yang melibatkan eksplorasi minat, penilaian keterampilan, pengembangan tujuan karir, dan pengambilan keputusan untuk mencapai kepuasan dan sukses dalam karir. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi yang tepat dalam mengembangkan karir terutama bagi guru terutama guru muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru-guru dan juga mengetahui strategi kepala sekolah dalam pengembangan karir guru-guru muda di SDN 28 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa kendala yang dialami oleh guru muda seperti kurangnya kesempatan dan akses, kurangnya dukungan dan bimbingan, serta tuntutan tugas yang tinggi. Oleh karena itu, kepala sekolah memiliki strategi dalam pengembangan karir guru-guru muda yaitu: program pelatihan dan workshop, pendampingan dan mentorship, serta pendidikan lanjutan. Dengan menerapkan strategi tersebut guru-guru muda di SDN 28 Cakranegara diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...