Pengembangan karir merupakan rangkaian proses yang melibatkan eksplorasi minat, penilaian keterampilan, pengembangan tujuan karir, dan pengambilan keputusan untuk mencapai kepuasan dan sukses dalam karir. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi yang tepat dalam mengembangkan karir terutama bagi guru terutama guru muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru-guru dan juga mengetahui strategi kepala sekolah dalam pengembangan karir guru-guru muda di SDN 28 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa kendala yang dialami oleh guru muda seperti kurangnya kesempatan dan akses, kurangnya dukungan dan bimbingan, serta tuntutan tugas yang tinggi. Oleh karena itu, kepala sekolah memiliki strategi dalam pengembangan karir guru-guru muda yaitu: program pelatihan dan workshop, pendampingan dan mentorship, serta pendidikan lanjutan. Dengan menerapkan strategi tersebut guru-guru muda di SDN 28 Cakranegara diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024