Pendidikan ditingkat dasar merupakan hal yang paling utama dan penting guna mengembangkan kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh semua siswa untuk pendidikan tingkat lanjut. Oleh karena itu setiap siswa harus mampu menyerap materi yang disampaikan oleh guru dengan baik. Namun, masih banyak siswa sekolah dasar yang belum mampu menyerap seluruh materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu nya siswa sekolah dasar di MI Yakti Kebonagung yang berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika masih rendah dengan perolehan hasil tes belajar hanya 30,77% siswa yang tuntas. Oleh karena itu perlu diupayakan peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 7 laki-laki dan 6 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil tes belajar pada tahap siklus 1 sebesar 69,23% siswa tuntas belajar dan pada siklus 2 terdapat peningkatan sebesar 92,31% siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 81. Sehingga dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024