Kemampuan pemahaman matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dengan tujuan untuk memahami konsep-konsep matematika yang kompleks dan untuk berpikir lebih luas mengenai masalah-masalah matematika yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok yang diklasifikasikan dalam 7 indikator. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan indikator kemampuan pemahaman matematis siswa dikelompokkan menjadi siswa yang berkemampuan baik, cukup, dan kurang. Siswa yang berkemampuan baik telah mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman matematis. Siswa yang berkemampuan cukup mampu menguasai 5 indikator kemampuan pemahaman matematis. Sedangkan siswa kategori kurang hanya mampu menguasai 2 indikator kemampuan pemahaman matematis.
Copyrights © 2024