Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, Bank Muamalat dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun Bank Muamalat mampu menciptakan starategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat untuk meningkatkan jumlah nasabah menggunakan produk tabungan haji dan menganalisis faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk tabungan haji tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan lapangan yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Muamalat berupa strategi bauran pemasaran jasa 7P yang meliputi strategi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process dengan beberapa faktor pendukung dan penghambat bagi pemasar. Dimana pihak Bank Muamalat memasarkan produk tabungan haji melalui promosi (Promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi. Bank Muamalat selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabah akan loyal.
Copyrights © 2023